Lalu, apa perbedaan Miss Indonesia dengan Puteri Indonesia? Berikut perbedaannya:
- Ajang pemilihan Puteri Indonesia sudah lebih dulu eksis, tepatnya dimulai sejak tahun 1992.
- Sementara ajang Miss Indonesia baru dimulai tahun 2005.
- Puteri Indonesia sponsor utamanya adalah perusahaan kosmetik Mustika Ratu milik Moeryati Soedibyo.
- Sementara Miss Indonesia sponsor utamanya adalah Sari Ayu Martha Tilaar milik pengusaha kosmetik Marta Tilaar.
- Pemilihan Puteri Indonesia menerapkan parameter penilaian "3B," yaitu:
- Brain: Kecerdasan
- Beauty: Penampilan menarik
- Behavior: Berperilaku baik
- Sementara kriteria untuk Miss Indonesia menggunakan istilah berbeda meski maknanya sama. Yakni MISS:
- Manner: Perilaku baik
- Impressive: Berkesan
- Smart: Cerdas
- Social: Bersosial tinggi
- Pemenang pemilihan Puteri Indonesia otomatis jadi wakil Indonesia di ajang pemilihan Miss Universe.
- Pemenang Miss Indonesia mewakili Indonesia di kontes Miss World.
- Pemilihan Puteri Indonesia hak siarnya dipegang oleh Indosiar.
- Sedangkan Miss Indonesia hak siarnya dipegang MNC Group, khususnya RCTI.
Baca juga perbedaan Miss World dan Miss Universe.